Gaji Buruh Di Jepang


Jepang tercatat sebagai negara dengan upah minimum tertinggi di Asia. Upah yang diterima buruh di negeri Matahari Terbit itu bisa mencapai Rp 21,26 juta per bulan.

Sementara gaji terendah di Jepang sebesar Rp 16,38 juta per bulan. Bagaimana jika dibandingkan dengan Indonesia? Data statistik upah minimum di Asia dan sekitarnya pada 2013 menunjukkan Indonesia masih berada di urutan ketiga terendah di wilayah tersebut. Meski pemerintah telah menaikkan upah minimum provinsi (UMP) mulai 1 Januari lalu, upah minimum tertinggi yang diterima buruh Indonesia sebesar Rp 2,2 juta atau hanya 10,3% dari gaji buruh di Jepang. Upah terendah yang diterima buruh di Indonesia tercatat Rp 830.756, angka ini hanya 5% dari gaji buruh di Jepang.

Begitupun di wilayah ASEAN, Indonesia hanya lebih tinggi dibandingkan Vietnam dan Kamboja. Vietnam yang posisinya tepat di bawah Indonesia, memiliki upah minimum bulanan terendah Rp 646.349 dan tertinggi Rp 923.300. Kamboja di urutan paling buncit, upah minimum tertinggi Rp 592.981 per bulan. Filipina telah sanggup menggaji buruh terendah Rp 2,99 juta dan tertinggi Rp 3,25 juta. Sedangkan Thailand yang berada di bawah Filipina memberi upah minimum terendah Rp 2,16 juta dan tertinggi Rp 2,8 juta. 
Memang saya akui bahwa kehidupan di Jepang lebih mahal di banding Indonesia, saya pernah mempunyai teman yang kerja di jepang selama 5 tahun kalo dia pulang dari jepang ke indonesia dia ga bawa apa -apa katanya kalo di sana biayanya mahal, tapi kalo dari indoneia ke jepang dia udah kayak mudik hehe, Di sini rokok sekita 11 ribuan klo di sana bisa mencapai 50 ribu 


Sekian dulu dari saya 
Have a nice day in evening 
Previous
Next Post »

1. Dilarang Promosi Iklan, Porno Dan Sejenisnya
2. Dilarang Spam
3. Komentar Dengan Kalimat Yang Jelas dan Tidak OOT Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment